Home » , , » Pengertian SEO serta Jenis dan Tujuannya

Pengertian SEO serta Jenis dan Tujuannya


Pengertian SEO serta Jenis dan Tujuannya. Untuk seorang blogger saya kira wajib hukumnya untuk tahu pengertian apa itu SEO, jenis SEO dan tujuan dari SEO itu sendiri sehingga kita bisa mengoptimalkannya dan bisa mendapatkan artikel-artikel dari blog kita berada dihalaman depan dari search engine sehingga bisa mendapatkan banyak pengunjung dari hal itu.

Dengan bertambahnya pengunjung pada blog berarti semakin populer pula blog kita dan tentu saja kita juga akan mendapatkan keuntungan sehingga kita bisa menjalankan blog buat bisnis :D

Bisa tampil pada halaman depan hasil penelusuran google memang keinginan semua blogger dan untuk mewujudkannya diperlukan teknik-teknik yang khusus dan tingkat kesabaran yang tinggi.

  • Pengertian
SEO atau dalam kepanjangannya seperti yang telah kita ketahui adalah Search Engine Optimization (Optimisasi Mesin Pencari) menurut wikipedia mempunyai pengertian yaitu "serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut" atau dikenal juga dengan nama optimasi SEO.


  • Jenis 
SEO terbagi ke dalam dua jenis yaitu SEO on page dan SEO off page

SEO On Page pengertiannya adalah usaha mengoptimalkan sebuah blog dengan cara melakukan perbaikan-perbaikan didalam blog yang kita buat.
dalam hal ini yang bisa kita terapkan untuk jenis SEO on page adalah
  • Keyword judul artikel
Membuat judul yang menarik sehingga bisa menarik pengunjung untuk mengunjungi blog kita dengan disisipi oleh keyword atau kata kunci yang akan kita terapkan pada artikel yang kita buat.

Keyword juga bisa kita  
  • Internal Link
Link internal atau tautan internal yang bisa berarti membangun suatu navigasi pada blog didalam blog itu sendiri artinya link internal yang ada pada suatu artikel pastinya berkaitan dengan link yang sekategori dengan artikel yang kita buat. Hal ini memudahkan pengunjung dalam mencari artikel yang dicarinya.

Link internal juga bisa disebut sebagai referensi dari satu halaman ke halaman yang lain yang berkaitan dan semakin baik link internal yang ada maka semakin baik pula dimata search engine.
  • Membuat bold, italic dan underline pada tulisan artikel
Dengan membuat bold, italic dan underline pada kata kunci atau keyword bisa mempertajam kata kunci yang kita tanamkan pada suatu artikel sehingga bisa keluar pada hasil penelusuran search engine ketika kata kunci yang kita tanamkan dicari oleh pengunjung.
  • Permalink
Permalink merupakan susunan link atau suatu URL halaman blog atau web. Contohnya seperti ini http://jadulation.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-seo-serta-jenis-dan-tujuannya.html (lihat tab browser diatas) pada bagian yang saya kasih warna merah merupakan permalink itu sendiri.

  • Memakai template yang SEO friendly
Pakailah template yang SEO friendly yang mempunyai fast load sehingga bisa mencegah blog kita diabaikan oleh search engine karena sering ditinggalkan oleh pengunjung.

SEO Off Page mempunyai pengertian usaha mengoptimalkan blog kita dengan cara mengoptimalkan diluar blog. dalam hal ini kita mengoptimalkan blog kita dengan cara sering-sering share artikel-artikel blog kita melalui sosial media yang ada bisa juga bagi anda yang punya cukup modal anda bisa memasang iklan yang mempromosikan blog anda sehingga bisa mendapatkan backlink yang mengarah pada blog kita.

  • Tujuan
Seperti yang telah saya sebutkan diatas tujuan dari optimasi SEO adalah untuk menempatkan blog kita di halaman pertama atau posisi teratas di search engine baik itu search engine google maupun bing, yandex atau search engine lainnya. karena posisi blog kita dengan berada di halaman pertama secara tidak langsung blog kita juga bisa mendapatkan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan banyak pengunjung yang artinya bisa mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.

Sebenarnya masih banyak hal yang berkaitan dengan SEO, sedikit dulu yang bisa saya sampaikan karena keterbatasan ilmu dan pengetahuan saya yang masih pada tahap belajar, kedepannya nanti bisa dilengkapi lagi. 

Sekian artikel mengenai pengertian SEO serta jenis dan tujuannya dari saya, semoga bermanfaat bagi pengunjung semua, kurang lebihnya saya mohon maaf dan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment