Home » , , , » 3 Faktor Utama Penentu Peringkat Blog Pada Hasil Penelusuran Google

3 Faktor Utama Penentu Peringkat Blog Pada Hasil Penelusuran Google



3 Faktor Utama Penentu Peringkat Blog Pada Hasil Penelusuran Google. Para pengelola blog pastinya berlomba lomba untuk bisa muncul pada halaman pertama hasil penelusuran google. Bisa tampil pada halaman pertama hasil penelusuran google merupakan suatu jaminan bakal banyaknya pengunjung yang datang pada blog yang kita kelola.

Nah, selanjutnya strategi apa yang kita lakukan untuk bisa tampil pada halaman pertama hasil penelusuran google ini? tentu saja jawabannya SEO!

Akan tetapi benarkah SEO merupakan satu-satunya faktor penentu yang bisa mendongkrak blog kita untuk tampil pada halaman pertama hasil penelusuran google dan jawabannya adalah bukan, karena SEO bukan satu-satunya faktor utama yang bisa mendongkrak blog kita bisa tampil pada halaman utama hasil penelusuran google.


Ibaratnya saja coba kita bayangkan bukan hanya blog kita saja yang ingin bisa tampil pada halaman utama google tapi mungkin beribu-ribu blog bahkan jutaan blog orang lain pun menginginkan tampil pada halaman uama google dan pastinya strategi untuk bisa tampil tersebut adalah optimasi SEO. Bayangkan gimana bingungnya google menentukannya karena semuanya pasti SEO Friendly.

Berdasarkan artikel yang saya baca dan saya jadikan sumber dalam penulisan artikel ini dari contohblog mengenai 3 Penentu Utama Peringkat Blog di Pencarian Google yang menyebutkan bahwa ada tiga faktor yang penting sebagai penentu ranking SERP Google yaitu: 
  1. Konten berkualitas
  2. Template Blog yang SEO dan User friendly
  3. Links
Jadi hanya tiga faktor itulah yang harus bisa kita optimalkan untuk blog yang kita kelola sehingga bisa tampil pada halaman pertama hasil penelusuran google.

Faktor Pertama Penentu Peringkat Google: Konten Berkualitas

Content is king! ya konten adalah raja. Konten atau postingan yang berkualitas merupakan faktor penentu utama untuk mendongkrak peringkat blog kita pada hasil penelusuran google. 

Konten yang berkualitas itu meliputi aktual, original, unik, lengkap dan user friendly. User friendly disini dengan kata lain ringan mudah dipahami dan enak dibaca dalam tampilannya oleh pengunjung blog. 

Faktor Kedua Penentu Peringkat Google: Template Blog yang SEO dan User Friendly

Sesuai dengan saran dari google yaitu "make your blog load faster!" maka faktornya terletak pada template. Template yang memiliki banyak widget dan kode sehingga bisa memberatkan loading blog dan berakibat lamanya blog anda bisa terbuka oleh pengunjung maka otomatis blog akan ditinggalkan oleh pengunjung dan bisa diabaikan oleh google atau istilah lainnya adalah "bounce back".

Pakailah template yang simple, fast loading, enak dilihat dan responsive. Untuk template yang responsive artinya agar blog kita bisa dibuka oleh pengunjung tidak hanya pada satu media saja yaitu pc tetapi bisa dibuka pada berbagai media contohnya bisa dibuka pada handphone atau tablet.

Faktor Ketiga Penentu Peringkat Google: Link

Link atau tautan yang jadi penentu peringkat google terdiri dari internal link, eksternal link dan backlink.

Internal link pada blog berupa link navigasi pada menu, popular post, recent post dan link-link yang disisipkan didalam postingan yang menautkan pada postingan yang setema dengan postingan artikel tersebut.

Eksternal link bisa berupa link tautan ke website atau blog lain contohnya dengan membuat link sumber dari artikel yang kita buat. Semakin banyak dan berkualitasnya jumlah eksternal link yang mengarah pada suatu link maka akan memiliki nilai dimata google sehingga peringkat blog pun akan naik. Jadi jangan cuma bisa menjiplak dan mengcopy suatu artikel tanpa mencantumkan sumbernya setidaknya hargai dengan mencantumkan link sumber dari artikel yang kita buat.

Backlink memang masih penting walaupun google menyebutkan sudah tidak terlalu penting karena banyaknya yang memanipulasi backlink namun hanya backlink yang berasal dari situs-situs atau blog yang berkualitaslah yang akan meningkatkan posisi blog kita dimata google.
Nah, itulah 3 Faktor Utama Penentu Peringkat Blog Pada Hasil Penelusuran Google semoga bisa kita optimalkan sehingga berakibat positif untuk blog yang kita kelola. Untuk kurang lebihnya saya minta maaf dan semoga bermanfaat.     

0 komentar:

Post a Comment