Home » , , , » Google Adwords Sarana Promosi Berbasis Search Engine

Google Adwords Sarana Promosi Berbasis Search Engine



Google Adwords Sarana Promosi Berbasis Search Engine. Google Adwords merupakan salah satu produk google yang bergerak dalam bidang periklanan, metode periklanan didalam google adwords ini tidaklah sama dengan metode periklanan seperti yang ada pada umumnya karena konsep dari periklanan google adwords itu sendiri sangat simple hanya menampilkan iklan berdasarkan kata kunci dari hasil penelusuran atau bisa dibilang juga metode periklanan google adwords ini basisnya adalah search engine. Google adwords ini juga merupakan sumber pemasukan bagi google yang utama.

Jadi dalam hal ini pengertian Google Adwords adalah merupakan suatu strategi pemasaran periklanan yang dasarnya menggunakan search engine google sebagai sarananya atau istilah kerennya Search Engine Marketing.

Metode periklanan berdasarkan search engine inilah yang merupakan unggulan dari google adwords karena seperti yang telah saya sebutkan diatas tidak sama dengan metode periklanan pada umumnya, hal ini karena cara kerja dari google adwords memakai kata kunci atau keyword yang ditulis atau dicari oleh pengguna internet untuk memunculkan iklan yang kita pasang pada hasil penelusuran google tersebut.

Misalnya sebagai contoh jika anda sebagai pemasang iklan di google adwords menawarkan suatu jasa pembuatan website maka anda dapat menggunakan kata kunci "jasa pembuatan website" pada kampanye adwords anda dan pada saat pengguna internet menelusuri google dengan mengetikan "jasa pembuatan website" atau istilah yang serupa dengannya maka iklan anda akan muncul pada hasil penelusuran google. Mengenai bagaimana bentuk dan posisi iklan dari google adwords pada hasil penelusuran seperti contohnya tadi lebih jelasnya bisa dilihat dari gambar dibawah ini (klik untuk memperbesar)



atau lebih lengkap lagi pembahasannya bisa dilihat pada video dari google dibawah tapi bahasanya pake bahasa inggris :D



Selain bisa muncul pada halaman hasil penelusuran google kata kunci atau keyword yang anda gunakan di adwords tadi dapat memicu iklan anda untuk tampil di situs situs properti milik google (contohnya youtube) dan situs situs yang berpartner dengan google.

Cara beriklan di google adwords terbagi dalam tiga cara

  • Pay Per Click
Cara pay per click pada google adwords ini berarti bahwa kita sebagai advertiser atau pemasang iklan membayar berdasarkan pada jumlah setiap klik pada iklan yang kita pasang dan apabila iklan kita yang tampil di hasil penelusuran google tidak ada yang melakukan klik maka kita tidak perlu membayar biaya tayang iklannya.

  • Pay Per Million Impression
Cara beriklan pay per million impression ini berarti kita sebagai pemasang iklan membayar untuk setiap seribu kali tayangan iklan kita pada jaringan display google.

  • Pay Per Conversion
Cara ini berarti kita sebagai pemasang iklan membayar setiap kali orang-orang yang melakukan klik pada iklan kita pada hasil penelusuran google dan melakukan suatu tindakan di situs web milik kita. seperti contohnya melakukan pembelian produk yang ada di website pemasang iklan.

Apabila berminat silahkan anda pilih mana cara beriklan yang kira-kira cocok untuk produk yang ingin anda promosikan.

Pada google adwords juga dilengkapi oleh tool keyword planner yang bisa kita pakai untuk meriset kata kunci atau keyword yang paling banyak dicari oleh para pengguna internet sehingga kita bisa mengoptimalkan kata kunci yang berhubungan dengan produk yang kita promosikan dan akan kita kampanyekan di google adwords.

Selanjutnya, mungkin sebagai pemula masih ada yang bingung apa perbedaan google adwords dengan google adsense.

Google adwords berbeda dengan Google Adsense, perbedaannya yang mendasar adalah seperti yang disebutkan oleh google support adalah Program Google Adwords dipergunakan untuk membuat iklan pada halaman hasil penelusuran google atau dengan kata lain kita memasang iklan untuk memasarkan produk yang kita punya pada halaman hasil pencarian google sedangkan google adsense menampilkan iklan google adwords pada situs yang berbeda atau dengan kata lain google membayar kepada pihak ketiga yang mempunyai blog atau situs untuk memasang iklan google adwords dan membayarnya kepada pihak ketiga yang jadi publisher iklan tersebut.

Bagi yang mempunyai bisnis online google adwords merupakan sarana yang tepat untuk mempromosikan bisnisnya dan tidak ada salahnya untuk mencoba. :D

Nah...itulah sedikit mengenai Google Adwords yang menurut saya merupakan media yang sangat tepat untuk mempromosikan bisnis anda dan seperti biasa kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga bermanfaat.   

0 komentar:

Post a Comment