Home » , » Pengertian Alexa Rank Serta Manfaatnya Pada Blog

Pengertian Alexa Rank Serta Manfaatnya Pada Blog

Pengertian Alexa Rank Serta Manfaatnya Pada Blog. Alexa rank, sering kita mendengar dan membaca para blogger blogger profesional, para pelaku SEO menyebutkan dan menuliskannya. Akan tetapi tahukah anda sebenarnya seperti apa itu alexa rank, penting tidaknya alexa rank, bagaimana cara kerjanya serta manfaat yang bisa anda peroleh dengan memiliki peringkat alexa rank yang kecil.

Dengan pertanyaan-pertanyaan yang timbul seperti diatas kita akan coba bahas sambil sama-sama belajar mengenai alexa rank.



Alexa Rank merupakan daftar peringkat website yang dikeluarkan oleh situs alexa.com, situs ini didirikan sejak tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat.

Alexa.com menyediakan serta memberikan berbagai macam informasi trafik blog dan website dari yang sudah beberapa bulan ke belakang sampai live trafik yang sedang berlangsung pun bisa kita ketahui dan juga alexa.com merupakan salah satu anak perusahaan amazon. 

  • Pengertian dan Cara Kerja Alexa Rank
Alexa Rank merupakan daftar peringkat blog dan website yang didasarkan pada penilaian dari banyaknya jumlah trafik pengunjung pada situs atau website tersebut.

Perhitungan mengenai peringkat alexa rank dimulai dari yang terkecil sampai yang terbesar, jadi dapat disimpulkan bahwa semakin kecil peringkat alexa rank suatu blog atau website maka kualitas blog atau website tersebut semakin bagus dan populer pula. Hal ini berbanding terbalik dengan penyusunan peringkat oleh google rank. Perbedaannya adalah pada google rank semakin besar peringkat maka semakin bagus.

Cara kerja alexa dalam mengetahui banyak sedikitnya trafik yang datang pada suatu blog dan website sehingga bisa menentukan daftar peringkat adalah dengan cara menyediakan toolbar yang nantinya bisa dipasang oleh para pengelola blog dan website pada blog atau websitenya. nah dari situlah kita bisa tahu tentang ranking suatu blog atau website yang kita kelola.

Alexa rank mengambil dan mengumpulkan data jumlah visitor atau pengunjung yang datang pada suatu blog dan website dalam waktu tiga bulan terakhir.

baca juga: Pengertian SEO, Jenis serta Tujuannya

Selain hal tersebut diatas penilaian alexa rank juga berdasar pada jumlah banyak sedikitnya link in pada blog atau website. Link in ini adalah berupa backlink yang telah didapatkan oleh blog dan website tersebut. 

  • Manfaat Alexa Rank
Seberapa penting alexa rank pada blog yang kita kelola itu tergantung tujuan awal dari kita sendiri dalam membuat blog tersebut. Apabila kita membuat blog hanya untuk menyalurkan hobi menulis saja saya rasa peringkat alexa rank tidaklah penting akan tetapi kalau kita berniat untuk memonetisasi blog yang kita buat maka alexa rank menurut saya sangatlah penting sebagai ukuran kualitas blog yang kita buat.

Sedangkan untuk manfaat yang bisa kita ambil apabila memiliki alexa rank adalah

  • sebagai pengelola blog atau website kita bisa tahu peringkat blog atau website kita dan dapat dijadikan tolak ukur untuk lebih meningkatkan lagi kualitas blog dan website yang kita kelola.
  • semakin kecil peringkat alexa rank blog dan website yang kita kelola maka menandakan semakin banyak pengunjung yang datang mengunjungi blog dan website kita dalam hal ini blog dan website kita bisa dibilang cukup populer sehingga dengan begitu bisa menarik para pemasang iklan dan kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blog dan website yang kita kelola atau dengan kata lain blog kita memiliki daya jual. :D


Begitulah menurut saya manfaatnya yang bisa kita ambil apabila memiliki alexa rank. Tapi saran saya, kita jangan terlalu fokus pada alexa rank sebaiknya kita fokus dalam menyediakan konten-konten yang menarik sehingga bisa menarik visitor untuk mengunjungi blog dan website yang kita kelola dan secara tidak langsung dengan banyaknya visitor maka peringkat alexa rank blog kita pun akan mengecil.

Nah, sekian mengenai Pengertian Alexa Rank Serta Manfaatnya Pada Blog yang bisa saya bahas, kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di " pengertian alexa rank arga yudha | web "

    atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/pengertian-alexa-rank/

    trimakasih dari arga yudha adhiprama






    ReplyDelete