Home » , , , , » Cara Membuat Arsip/ Archive Blog Dengan Scroll

Cara Membuat Arsip/ Archive Blog Dengan Scroll

Cara membuat arsip atau archive blog dengan scroll. Arsip atau archive blog merupakan daftar urutan posting atau artikel blog yang disusun berdasarkan sesuai dengan tanggal, bulan dan tahun artikel yang telah kita posting di blog, dalam hal ini biasanya arsip blog kita taruh di sidebar blog atau ada juga yang menaruhnya pada footer blog.

Arsip blog ini sangat berfungsi untuk memudahkan para pengunjung blog untuk melihat-lihat dan mencari artikel-artikel yang ingin pengunjung baca. Arsip blog juga bisa dibilang merupakan sitemap atau daftar isi yang ada pada blog.

Halaman arsip blog bisa mengganggu dalam hal penampilannya karena apabila semakin banyaknya artikel yang kita posting maka tampilan arsip blog akan memanjang kebawah sehingga kesannya tidak rapi, maka dari itu disini kita akan membuat tampilan arsip blog menjadi rapi dengan mengubahnya dengan tampilan menambahkan scroll sehingga tampilan arsip blog rapi dan tidak memanjang ke bawah.

Contoh arsip blog yang memakai scroll ada pada widget sebelah kanan pada blog ini atau lebih jelasnya seperti gambar dibawah ini


Menambahkan scroll tersebut bisa kita atur dan sesuaikan tinggi atau panjang scrollnya seperti yang kita inginkan, tujuannya agar tidak memakan banyak space yang ada pada sidebar dan membuat tampilan blog lebih rapi dan enak diliahat.

Langkah-langkah membuat arsip blog dengan scroll
  • Pasang dulu arsip blog anda dengan cara masuk ke dashbord blog anda dan klik tata letak terus klik tambahkan gadget setelah itu klik Arsip Blog
  • Langkah ke dua klik Template lalu anda klik Edit HTML
  • Cari kode "Archivelist" (tanpa tanda petik), biar cepat gunakan ctrl+F
  • Setelah kode "archivelist" ketemu, selanjutnya silahkan anda kopi kode ini
<div style='overflow:auto; width:ancho; height:250px;'>
  • Paste kan tepat diatas kode Archivelist tadi. (250px merupakan ukuran tinggi atau panjang arsip bisa anda atur sesuai keinginan)
  • Setelah itu anda geser ke bawah sedikit atau cari kode <b:include name='quickedit'/> dan apabila sudah ketemu tambahkan kode </div> diatas kode tadi
  • Save dan anda bisa lihat hasilnya.

Cukup mudah bukan dan sekarang arsip blog anda tidak lagi memanjang dan tidak menggangu tampilan pada blog anda lagi.

Itulah langkah-langkah membuat arsip blog dengan scroll sehingga arsip blog kita bisa lebih rapi dan tidak memakan banyak space pada sidebar blog, kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment